Alasan Kenapa Kucing Persia Peaknose Paling Diminati

Kucing persia peaknose menjadi primadona diantara beberapa jenis kucing persia yang ada di Indonesia. Saat ini ada sekitar 4 jenis kucing persia yang paling digemari di Indonesia, secara berurutan keempat kucing tersebut adalah kucing persia himalaya, flatnose, peaknose dan kucing persia medium. Kami pernah membahas lengkap mengenai keempat jenis kucing persia tersebut dalam artikel yang berjudul jenis-jenis kucing persia yang paling digemari catlovers. bagi anda yang belum pernah mengetahui keempat jenis tersebut, kami sarankan untuk membacanya terlebih dahulu untuk menambah wawasan anda mengenai kucing persia.

Kucing persia mendapatkan namanya dari asal negara kucing persebut. Persia adalah sebutan bagi negara Iran beberapa tahun yang lalu. Kucing ini memiliki jenis bulu yang tebal dan kepalanya yang bulat. Disamping memiliki kepala yang bulat, kucing persia juga dikenal memiliki pipi yang montok dan mata yang bulat. Dari penampakan wajah tersebut kucing persia dibedakan menjadi dua tipe wajah yaitu kucing persia doll-face dan kucing persia peaknose atau yang juga sering disebut dengan kucing persia show. Kucing persia doll-face adalah kucing persia tipe tradisional yaitu yang memiliki ukuran badan yang tegak namun secara umum memiliki kesan wajah seperti boneka dengan hidung panjang sesuai dengan prporsi struktur wajahnya. Sedangkan tipe kucing persia peaknose adalah kucing yang memiliki wajah flat dan hidungnya yang pesek atau lebih menjorok kedalam jika dibandingkan dengan tipe kucing tradisional.

Kenapa Kucing Pesia Peaknose Mahal Harganya?

gambar kucing persia peaknose extreme

Mungkin anda juga merasa ragu kenapa malah kucing peaknose yang paling laku di Indonesia dibandingkan dengan kucing persia tipe doll-face. Padahal bila dilihat secara fisik, kucing ini seperti memiliki cacat facially yaitu kondisi hidungnya yang pendek dan justru agak menjorok kedalam. Lalu apasih yang membuatnya lebih populer dibandingkan kucing persia jenis lain ?

Kucing persia peaknose pertama kali dikenal secara luas oleh masyarakat di Amerika Serikat sebagai kucing hias yang lucu. Kucing-kucing disana dirawat dengan baik dengan pembiakan yang selektif sehingga menghasilkan varietas kucing unggulan untuk sebuah pameran / show. Saat itu kucing ini begitu mempesona, dengan pawakan yang tenang dan memiliki tubuh yang montok kucing ini berhasil menarik sejumlah perhatian para pecinta kucing. Wajah dan matanya yang bulat seperti kebanyakan tipe kucing persia lainnya, kucing peaknose memiliki ciri khas pada hidungnya yaitu hidung yang kelihatan menjorok kedalam atau orang disini sering menyebut dengan istilah pesek.

Tampilan pesek pada kucing ini malah membuatnya menjadi lucu sehingga terasa lebih lengkap bila dibandingkan dengan jenis lain. Kalau jenis lain hanya memiliki tampilan yang elegan, tipe peaknose memiliki nilai lebih pada tingkat kelucuan wajahnya. Wajah yang lucu pada kucing persia peaknose dirasa banyak orang sangat cocok untuk menghuni rumah dan menjadi teman kita di social media maupun dunia nyata.

Apakah Kucing Persia Pesek Cocok untuk Anda?

Pertanyaan selanjutnya yang biasanya muncul ketika anda sedang memilih-milih jenis kucing peliharaan adalah apakah kucing tersebut sesuai dengan anda ? Jawabannya sangat tergantung pada kepribadian anda sendiri. Kucing Persia peaknose ini membutuhkan perawatan yang lebih ekstra jika dibandingkan dengan jenis persia yang lain. Anda harus mau untuk membersihkan wajah kucing ini setiap hari untuk menghindarkan dari berbagai penyakit kucing yang ada. Anda juga harus membersihkan kandang untuk menjaga agar tidak banyak bakteri yang menyerang kucing ini.

Perawatan ini sangat berbanding lurus dengan harga mahal kucing ini. Apabila anda tipe orang sibuk yang tidak memiliki waktu untuk merawat kucing secara rutin, sangat disarankan untuk mencari alternatif jenis kucing lain karena kucing persia peaknose tidak begitu cocok bagi orang yang sibuk dan kurang menjaga kebersihan. Bila anda ingin tetap memilihara kucing persia yang tidak membutuhkan perawatan ekstra, anda bisa memelihara kucing persia tipe face-doll.

Baca juga : Jenis kucing peliharaan yang aman dipelihara dirumah

kucing persia longhair

Harga Kucing Persia Peaknose

Berdasarkan dari survey yang kami lakukan dibeberapa petshop yang ada baik online maupun offline, kisaran harga kucing ini cukup mahal, yaitu kisaran 4 juta hingga 10 juta. Menurut beberapa petshop harga tersebut bisa semakin tinggi apabila kondisi fisiknya sehat dan unik. Unik disini katanya dinilai dari hidungnya dan bulunya. Semakin tebal bulunya semakin baik dan semakin pesek hidung kucing persia maka nilai jualnya lebih tinggi.

Kucing persia yang memiliki hidung pesek sekali sering juga disebut dengan peaknose extreme. Kucing persia peaknose extreme harganya paling mahal, bahkan anakan kucing / kitten yang berumur sekitar 3 bulan saja nilai adopsinya sudah menyentuh 3,5 juta rupiah.

Harga kucing persia juga ditentukan oleh kualitas varietas kucing tersebut, biasanya kitten tersebut akan mewarisi induknya dalam beberapa hal sehingga ketika indukan mempunyai kualitas yang tinggi maka anakannyapun akan mewarisi keistimewaan dari indukannya.

Terlepas dari semua faktor harga diatas tentu saja anda harus mempertimbangkan beberapa faktor untuk memilih jenis kucing persia yang cocok untuk anda pelihara. Entah itu kucing persia peaknose biasa, kucing persia peaknose longhair, peaknose extreme atau jenis kucing persia lain. Yang perlu Anda ingat bahwa tipe peaknose ini membutuhkan perawatan lebih ekstra jika dibandingkan dengan persia biasa, sehingga selain dana perawatan yang lebih tinggi, anda juga harus memperhatikan segala aspek kebersihan pada saat merawat kucing ini. Hidungnya yang kecil juga membuat kucing ini harus dirawat terhindar dari apapun yang menyebabkan kesulitan bernafas. Semoga informasi ini bermanfaat dan rawatlah kucing persia peaknose anda agar tetap sehat dan lucu.

2 Comments

  1. Rusdy April 26, 2017

Add Comment