9 Jenis Ikan Arwana Dari 4 Benua Berbeda

Tidak bosan-bosannya kami tim satwapedia mengumpulkan informasi mengenai jenis ikan arwana untuk bakal calon koleksi di rumah. Barangkali sekarang Anda sudah memiliki salah satu jenis arwana di aquarium, namun tahukah Anda bahwa kita bisa menemukan 9 jenis ikan ini dari 4 benua yang berbeda. Keempat benua tersebut secara urut kami sebutkan yaitu benua Asia, Afrika, Australia dan Amerika (khususnya berada di Amerika Selatan). Kesembilan jenis arwana ini memiliki keunikan masing-masing jadi akan menambah keanekaragaman di aquarium.

Menurut data yang kami peroleh dari Wikipedia, Arwana merupakan ikan hias air tawar yang termasuk dalam keluarga Osteoglossidae. Arwana cukup termasuk ikan yang cukup populer dimata para pecinta ikan. Hal ini berkaitan dengan kisah prasejarah ikan ini. Penampilannua yang eksotik jauh diatas rata-rata jenis ikan lain yang bisa Anda temukan di toko-toko ikan.

Penampilan yang istimewanya sangat mencolok ketika dipajang di aquarium di toko-toko ikan. Sebagian besar spesies arwana ditemukan di Asia dan Amerika Selatan, yaitu 4 jenis arwana dari Asia dan 2 jenis dari Amerika Selatan. Australia menyumbangkan 2 jenis arwana dan diikuti 1 jenis ikan dari Afrika. Untuk lebih mengenal jenis arwana, berikut ini profil lengkap masing-masing spesies ikan tersebut.

Jenis Ikan Arwana Terbaik Dari 4 Benua Berbeda

gambar ikan arwana

Gambar ikan arwana

Arwana bisa dibilang menjadi ikan paling unik dibandingkan jenis ikan tawar lainnya. Tubuhnya yang bisa mancapai 46 inci ini membuat ikan terlihat gagah dan mempesona. Arwana juga dikenal memiliki daya tahan hidup yang bagus, dia bisa bertahan dan tetap bernapas ketika airnya dangkal. Dalam habitat yang sebenarnya ikan ini bahkan bisa melompat keluar air untuk memangsa serangga yang menjadi makanannya. Hal inilah yang membuat ikan ini bisa dengan beradaptasi dengan kondisi tempat tinggal barunya (baca : aquarium di rumah Anda). Berikut ini jenis-jenis ikan arwana yang bisa Anda koleksi:

Arwana Super Red

gambar ikan arwana super red

Gambar ikan arwana super red

Ikan arwana super merupakan jenis ikan arwana termahal saat ini. Ikan ini merupakan ikan arwana Asia yang banyak berkembangbiak di Indonesia. Kawasan Kalimantan Barat merupakan habitat yang disukai oleh ikan arwana super red.

Menurut data ilmiah yang kami peroleh, arwana super red masuk dalam genus Scleropages dan tergolong sebagai ikan hias paling populer di Asia. Warna arwana super red sangat mencolok dan semua sisik dan siripnya berwarna merah. Warna merahpun bermacam, ada yang berwarna merah darah dan ada juga yang berwarna merah cabe. Harga arwana super red ini berkisar antara 6,8 juta hingga ratusan juta.

Arwana Golden Crossback

Foto arwana golden crossback

Foto arwana golden crossback

Arwana golden crossback juga termasuk sebagai jenis ikan arwana termahal selain super red. Ikan ini banyak diburu oleh masyarakat karena banyak yang meyakini ikan ini membawa hoki. Selain adanya keyakinan bagi beberapa kalangan, pesona arwana golden memang sangat menawan.

Warna emas yang hampir menyeluruh ditubuhnya membuat aquarium menyala seperti emas batangan yang tenggelam di air aquarium. Harga mahal ikan ini juga dikarenakan pasokan ikan yang jarang dan berbanding terbalik dengan kebutuhan pasar.

Artikel terkait : Ikan pembawa hoki

Arwana Red Tail Golden

Gambar ikan arwana red tail golden

Gambar ikan arwana red tail golden

Bila kesulitan untuk mendapatkan Golden Crossback, Anda memiliki alternatif lain yang harganya juga lebih murah. Ikan tersebut adalah arwana red tail golden. Meskipun tidak semua tubuhnya berwarna emas, paling tidak ekor ikan ini menyala seperti emas dengan dipadu dengan warna merah.

Arwana Hijau dan Biru

arwana hijau

Arwana hijau

Arwana Hijau dan Biru mungkin kurang diminati dibandingkan dengan beberapa jenis ikan arwana Asia lainnya. Ikan ini termasuk ikan arwana termurah jika dibandingkan dengan jenis lain. Pesona warna sisik yang berupa perpaduan warna keperakan-putih dengan warna hijau dan bitu pada sirip menjadi ciri khas ikan ini.

Ikan ini biasanya direkomendasikan untuk pemula karena disamping harganya cukup terjangkau, ikan ini tidak terlalu agresif dibandingkan dengan arwana lain sehingga pemilik pemula tidak kerepotan saat memeliharanya.

Arwana Silver

Ikan arwana silver

Ikan arwana silver

Arwana silver dikenal sebagai ikan yang sangat agresif, bahkan ikan ini sering juga disebut sebagai ikan monyet karena memiliki kemampuan melompat yang luar biasa. Bagi pemula mungkin agak sedikit merepotkan jika memeliharanya di aquarium, namun bagi yang sudah terbiasa dengan ulah ikan ini akan merasa tertantang untuk melatihnya.

Ikan ini biasanya memiliki ukuran 90 sentimeter jadi perlu aquarium yang agak besar biar bisa lebih lega. Perlu Anda ketahui juga bahwa habitat asli jenis ikan arwana ini berada di sungai Amazon, Amerika Selatan.

Baca juga : 10 jenis ikan hias air laut.

Arwana Hitam

Jenis Ikan Arwana Hitam

Ikan Arwana Hitam

Seperti halnya arwana silver, arwana hitam juga merupakan spesies asli Amerika Selatan. Arwana hitam termasuk dalam genus Osteoglossum dan berbeda dengan jenis arwana lain yang biasanya memiliki warna dominan yang mencolok. Warna yang dimiliki oleh ikan ini cenderung abu-abu baja kehitaman, jadi tampak strong.

Arwana Scleropages Leichardti

Ikan Arwana Scleropages Leichardti

Ikan Arwana Scleropages Leichardti Asli Australia

Tidak mau kalah, perairan tawar milik Australia juga banyak dihuni oleh jenis ikan arwana. Ikan dengan nama Scleropages leichardti ini merupakan merupakan produk Australia yang banyak ditemukan di sungai saratoga. Bila dibandingkan dengan arwana dari Asia, arwana milik Australia ini masih kurang populer namun tetap bisa menjadi penambah koleksi di aquarium rumah Anda.

Arwana Jardini

Scleropages jardini

Scleropages jardini

Scleropages jardini atau yang lebih dikenal dengan arwana jardini juga berasal dari Australia, khususnya Australia Utara. Ikan ini juga cukup agresif dan suka melompat keluar dari air. Anda bisa memberikan beberapa jenis makanan pada ikan ini karena ia adalah hewan yang suka makan apa saja. Coba deh berikan pelet atau serangga, maka dengan sigap dia menyerbu santapannya.

Arwana Afrika

Ikan Arwana Afrika

Ikan Arwana Afrika

Arwana Afrika atau yang disebut dengan nama ilmiah Heterotis niloticus. Jenis ikan arwana Afrika ini banyak tumbuh di daerah air tawar Afrika Barat dan Afrika Tengah. Jumlahnya bisa dibilang jarang ditemukan di pasar ikan Indonesia bila dibandingkan dengan ikan arwana lainnya. Makanan ikan arwana Afrika biasanya berupa udang, ikan dan cacing hidup.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bisa membantu untuk menemukan ikan arwana yang mana yang cocok untuk Anda pelihara di rumah. Berhubung kian ini terbilang cukup mahal, maka  perlu mempersiapkan aquarium yang cukup besar dan beberapa perawatan diperlukan untuk salah satu ikan hias air tawar terbaik dimuka bumi ini. Semoga Anda mendapatkan jenis ikan arwana sesuai keinginan.

Add Comment