7 Perawatan Lovebird Mabung / Molting Bagi Pemula

Bagi pemula, penting untuk mengetahui perawatan lovebird mabung karena setiap lovebird pasti akan mengalaminya. Mabung atau molting adalah masa dimana burung akan kehilangan banyak bulunya karena rontok atau bisa juga karena sedang berganti bulu dan meranggas. Istilah mabung sendiri banyak digunakan oleh pecinta burung untuk menyebut kondisi bulu-bulu burung yang tumbuh namun belum sempurna karena sebagian besar bulunya masih terbungkus. Kondisi seperti itu mirip dengan anak bambu yang sedang tumbuh / rebung.

Dalam kondisi mabung, biasanya burung lovebird akan terlihat murung dan seperti memiliki penyakit. Sebagai pemula tentu saja perlu mempelajari bagaiamana cara mengatasi lovebird mabung agar lovebird bisa kembali normal dan mau berkicau dengan suara ngekek panjang ataupun gacor.

perawatan lovebird mabung

Cara Merawat Lovebird Mabung

Perawatan lovebird mabung diperlukan karena selama masa mabung, tubuh akan kehilangan 25% dari total protein yang dimiliki oleh burung. Perlu kamu ketahui bahwasanya dalam bulu-bulu lovebird tersebut menyimpan lebih dari 90% protein yang dibutuhkan oleh burung lovebird. Protein yang dikandung paling banyak adalah keratin.

Kebutuhan keratin untuk burung mabung harus diimbangi oleh asupan asam amino, oleh karena itu kita harus tetap memilih makanan yang seimbang dan berikan setelan pakan lovebird yang sedang bertelur tapi ditambah dikit. Ini karena energi yang dikeluarkan saat mabung dua setengah kali lebih tinggi dibandingkan lovebird yang sedang bertelur. Adapun cara merawat lovebird mabung adalah sebagai berikut:

Periksakan Penyakitnya

Langkah pertama yang bisa kamu tempuh dalam perawatan lovebird mabung ini adalah memeriksa apakah lovebird kamu memiliki gangguan penyakit yang diakibatkan oleh kutu, mikroba atau parasit. Bantuan dokter hewan mungkin diperlukan untuk identifikasi masalah penyakit ini. Pastikan juga lovebird kita tidak membawa bibit penyakit seperti Polyoma.

Pilih Tempat yang Tenang

Saat sedang mabung, sebaiknya lovebird dipisahkan dulu dari kawanannya jika dikandangkan secara koloni. Tempatkan lovebird di tempat yang sepi dan tenang. Ini merupakan perawatan lovebird mabung yang bisa membantu proses pergantian bulu.

Kerodongi Lovebird Mabung

Lovebird yang sedang mabung tidak memiliki bulu yang cukup untuk menghangatkan suhu tubuhnya. Kalau kamu punya beberapa kerodong, gunakan kerodong sampai berlapis-lapis. Tapi perlu diingat bahwa kita juga perlu mengangin-anginkan lovebird kita juga. Sesekali buka kerodong untuk memperoleh angin sepoi-sepoi.

Mandi Semingggu Sekali

Kalau normalnya burung lovebird bisa dimandikan setiap pagi, sebaiknya pada masa mabung lovebird hanya mandi seminggu sekali. Keseringan mandi disaat sedang mabung hanya akan menghambat pertumbuhan bulu. Pemandian biasanya dilakukan saat bulu-bulu baru mulai muncul, bukan saat bulu pada rontok.

Hindari Penjemuran

Perawatan lovebird mabung yang sering dilupakan adalah masalah penjemuran. Penjemuran biasanya dilakukan setiap pagi. Berhubung lovebird tidak mandi tiap pagi makan kita tidak perlu melakukannya karena sinar matahari akan mengurangi kelembabab yang dimiliki oleh burung.

Berikan Tambahan Extra Food (EF)

Extra food dibutuhkan pada saat lovebird sudah masuk tahap akhir perontokan bulu. Berikan EF yang berupa jagung muda, kuaci dan daun kangkung secara bergantian dengan porsi yang lebih banyak dibandikan biasanya. Berikan juga multivitamin dan mineral untuk membangun metabolisme tubuh burung.

Lakukan Pemasteran Sedikit-Sedikit

Pemasteran adalah salah satu perawatan lovebird mabung yang sebaiknya dilakukan. Pada saat mabung, lovebird biasanya akan lebih banyak diam dan mendengar. Itu sangat bagus untuk melakukan pemasteran karena lovebird akan dengan mudah mengingat suara lovebird masteran tersebut.

Itulah 7 cara merawat lovebird mabung, jangan takut kalau burungnya kenapa-napa ya. Soalnya itu adalah proses alami yang dialami setiap burung. Lakukan perawatan lovebird mabung sebagaimana mestinya dan tanyakan kesulitannya di fanspage satwapedia.com

Add Comment