7 Ciri-Ciri Lovebird Betina Pada Lovebird Kacamata

Memiliki kemampuan membedakan ciri-ciri lovebird betina dan jantan adalah keuntungan sendiri bagi pecinta burung lovebird. Dengan kemampuan membedakan jenis kelamin lovebird, kita bisa menentukan perjodohan lovebird. Beberapa waktu lalu satwapedia.com telah membahas mengenai cara menjodohkan lovebird, silahkan merujuk ke artikel tersebut untuk lebih detail mengenai proses perjodohan lovebird.

Membedakan jenis kelamin lovebird adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Bisa dibilang gampang jika yang kita bedakan termasuk dalam kelompok dimorfik. Dibilang susah jika harus membedakan kelompok yang termasuk intermediate dan lovebird kacamata. Wait, itu apa ya kok ada lovebird dimorfik, intermediate, dan lovebird kacamata? Pembahasan lengkapnya dibawah ini.

ciri-ciri lovebird betina

Mengenai Ciri-Ciri Kelompok Lovebird

Ketiga kelompok tersebut menandakan tingkat kesulitan membedakan lovebird jantan dan betina. Kita akan dengan mudah membedakan jenis kelamin jika lovebird termasuk dalam kategori dimorfik, kemudian level kesulitannya naik dikit ketika membedakan lovebird intermediate. Kesulitan lebih tinggi terjadi ketika kita ingin mengenali ciri-ciri lovebird betina dalam kelompok lovebird kacamata.

Lovebird Dimorfik

Lovebird dimorfik adalah kelompok lovebird yang memiliki perbedaan mencolok antara jantan dan betina. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah lovebird abisinia, lovebird madagaskar dan lovebird muka merah. Lovebird abisinia memiliki ciri-ciri lovebird betina berwarna hijau sedangkan jantannya berwarna merah.

Untuk lovebird madagaskar, ciri-ciri khusus yang bisa kita kenali ada pada warna leher dan kepalanya. Jantan biasanya memiliki warna abu-abu pada kepala dan leher sedangkan lovebird betina memiliki warna hijau secara keseluruhan. Untuk lovebird muka merah bisa dibedakan dari warna dahinya, dahi jantan warna merah dan betina warna oranye.

Lovebird Intermediate

Di level ini mungkin kesulitannya nambah karena kita tidak dapat memastikannya dengan sekilas melihatnya. Ciri-ciri lovebird betina pada kelompok ini biasanya berupa warna bagian kepala yang lebih pucat dibandingkan dengan pejantan. Burung lovebird yang termasuk kategori intermediate adalah lovebird black collared dan muka salem.

Lovebird Kacamata

Jenis lovebird yang sulit untuk dibedakan. Ciri-ciri lovebird betina akan sangat samar jika ingin dibedakan dengan pejantan. Yang termasuk dalam kelompok ini antara lain lovebird fischer, lovebird nyasa, lovebird pipi hitam dan lovebird topeng.

Ciri-Ciri Lovebird Betina Dalam Kelompok Kacamata

Berhubung kesulitan utama terjadi ketika membedakan jantan dan betina dalam kelompok lovebird kacamata. Maka dari itu pembahasan akan lebih fokus pada kelompok kacamata ini. Adapun ciri-ciri lovebird betina kacamata adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kepala yang lebih besar dan menjorok ke atas
  • Memiliki ukuran tubuh lebih besar dibandingkan jantan, saat dipegang terasa lebih berbobot.
  • Memiliki ekor yang berbentuk huruf “U”
  • Memiliki paruh yang agak besar yang biasanya lebih basah
  • Ketika bertengger di tangkringannya, kakinya agak melebar
  • Memiliki supit urang/tulang pubis yang lebih rapat dan posisinya dekat dengan tulang dada bawah
  • Lebih pendiem dan agak pemalas, tapi ngekeknya panjang.

Mengenali betina tersebut tentu saja perlu lovebird jantan untuk dibandingkan karena ada poin-poin relatif yang membedakan keduanya. Dengan mengamati keduanya secara seksama maka kita akan mengetahui letak perbedaannya. Jika dirasa masih sulit, silahkan ajukan ke para pecinta burung yang ada di fanspage satwapedia. Semoga pembahasan mengenai ciri-ciri lovebird betina ini bermanfaat bagi semua, sekian dan terimakasih telah berkunjung dan menyempatkan waktunya untuk membaca tulisan ini.

Add Comment