5 Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu Sesuai Penyebabnya

Punya masalah dengan lovebird yang suka mencabuti bulunya? Pelajari cara mengatasi lovebird cabut bulu di artikel ini. Cabut bulu merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh burung lovebird. Sebenarnya bukan hanya lovebird sih, kebanyakan burung paruh bengkok akan mengalami masa mencabuti bulunya sendiri.

Bila ini dibiarkan, tentu saja akan membuat tampilan lovebird menjadi jelek karena mengalami kebotakan. Biasanya para burung paruh bengkok ini akan mencabuti bulu bagian leher dan dada, sehingga resiko kebotakan akan sangat terlihat jelas pada bagian tubuh tersebut. Selain merusak penampilannya, kebotakan akibat mencabuti bulunya juga memungkinkan untuk mendapatkan masalah kesehatan burung.

cara mengatasi lovebird cabut bulu

Penyebab Lovebird Mencabuti Bulunya

Feather Plucking / Feather Picking adalah istilah mencabuti bulu yang dilakukan oleh burung. Aktivitas ini bisa menyerang kebanyakan burung, terutama banyak ditemukan pada burung paruh bengkok seperti lovebird.

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi lovebird cabut bulu, kita ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Ada beberapa penyebab yang ditengarai membuat lovebird mencabuti bulunya sendiri. Adapun beberapa penyebab lovebird mencabuti bulunya adalah sebagai berikut:

Over Birahi (OB)

OB adalah masalah klasik yang sering ditemui pada lovebird peliharaan. Kebanyakan pakan yang tinggi protein dan adanya rangsangan dari lawan jenis menjadi alasan kenapa lovebird mengalami OB. Dalam beberapa kasus, lovebird yang OB sering mencabuti bulunya sendiri.

Baca Juga: Cara Menurunkan Birahi Lovebird yang Cabut Bulu

Iritasi Kulit

Beberapa kasus lovebird mencabuti bulunya bukan karena OB. Tidak ada tanda-tanda OB pada burung tersebut, melainkan tanda-tanda diserang bakteri, kutu dan jamur. Biasanya lovebird akan mengalami iritasi kulit ketika terserang bakteri, parasit, kutu dan jamur. Cara mengatasi lovebird cabut bulu yang diakibatkan oleh iritasi tentu saja berbeda dengan yang dikarenakan OB.

Kekurangan Gizi

Selain kasus iritasi kulit dan OB, lovebird juga sering mencabuti bulunya karena kekurangan gizi. Pemberian gizi yang tidak seimbang bisa membuat lovebird merasa aneh dalam tubuhnya dan mulai mencabuti bulu. Mengatasi lovebird cabut bulu yang diakibatkan oleh kekurangan gizi biasanya dilakukan dengan cara pemberian beberapa vitamin dan mineral. Pengaturan setelan makan juga dibutuhkan untuk kasus ini agar kebutuhan makanannya menjadi seimbang.

Mengalami Masalah Mental dan Fisik

Ini biasanya terjadi pada lovebird lomba. Burung yang harus bersaing dengan burung lain kemungkinan akan mengalami masalah mental, apalagi yang tidak bisa bersaing dengan jenis burungnya. Kelelahan fisik juga bisa membuat lovebird nglokro. Oleh karena itu banyak pecinta lovebird yang langsung memberikan perawatan khusus agar burungnya tidak mengalami masalah mental dan fisik. Pelajari lebih lanjut di artikel perawatan lovebird lomba.

Selain itu kondisi frustasi karena kandang kotor atau apapun yang membuat lovebird tidak nyaman juga berperan sebagai penyebab lovebird cabut bulu. Kondisi stress yang dialami saat bertelur juga bisa mempengaruhi kesehatan mental burung.

Masalah Hormonal

Masalah gangguan hormonal juga bisa menjadi penyebab lovebird mencabuti bulunya, hormon seperti hipertiroid menjadi salah satu hormon yang paling berpengaruh. Untuk mengatasi lovebird cabut bulu yang disebabkan oleh masalah hormon ini, kita membutuhkan bantuan dokter hewan karena mereka lebih kompeten dalam bidangnya.

Masalah hormonal biasanya ditandai dengan bulu yang mudah rontok meskipun burungnya sendiri tidak begitu aktif mencabuti bulunya. Bulu-bulu tersebut rontok tanpa menggunakan gerakan paruh yang kuat.

Baca Juga: Perawatan Lovebird Mabung

Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu

Ada beberapa cara mengatasi lovebird cabut bulu, silahkan sesuaikann dengan kondisi lovebird masing-masing. Setiap masalah pasti memiliki ciri khusus yang membedakan satu sama lain. Pelajari penyebab lovebird cabut bulu diatas dan tentukan mana yang paling cocok. Adapun cara mengatasi lovebird cabut bulu adalah sebagai berikut:

Gunakan Shampoo atau Obat Mandi Khusus

Untuk lovebird yang cabut bulu karena masalah iritasi kulit, gunakan shampoo dan obat mandi khusus burung di pethsop. Shampoo ini bisa digunakan untuk memandikan burung. Sifatnya yang anti jamur, kutu dan parasit akan membuat pemandian menjadi cara mengatasi lovebird cabut bulu yang efektif.  Contoh produk yang biasanya digunakan adalah kututox, bisa juga menggunakan produk lain yang penting punya sifat anti kutu, parasit dan jamur.

Kurangi Extra Food Berprotein Tinggi

Kangkung, jagung muda dan kuaci adalah makanan lovebird agar cepat birahi. Bila lovebird mengalami cabut bulu, usahakan tidak memberikan ketiga jenis makana ini. Ketiganya termasuk makanan dengan sifat afrodisiak yang bisa membuat lovebird OB. Mengatasi lovebird cabut bulu dengan tidak memberikan ketiga jenis makanan ini sangat efektif untuk kasus cabut bulu karena OB.

Jaga Kebersihan Kandang Lovebird

Kandang lovebird yang bersih dan lega akan menurunkan resiko stress pada lovebird. Bersihkan kotoran burung dari kandangnya setiap hari karena kandang yang bersih akan membuat lovebird senang kesana-kemari.

Lovebird merupakan burung sosial yang selalu ingin berinteraksi dengan sesamanya. Anda juga perlu memperhatikan hal tersebut dengan menghadirkan pasangan atau lovebird lain agar saling berdekatan.

Bikin Cone Collar Sederhana

Cone collar adalah modifikasi yang berbentuk corong yang biasanya digunakan untuk anjing atau kucing yang baru saja menjalani operasi. Cone collar ini digunakan untuk menghindari anjing atau kucing yang ingin menjilat bagian lehernya setelah operasi.

Jika beberapa cara mengatasi lovebird cabut bulu diatas tidak manjur, bikin saja cone collar sederhana dari botol plastik yang dipotong, kemudian dimasukkan pada leher lovebird. Itu merupakan cone collar sederhana buat burung paruh bengkok agar tidak mencabuti bulu leher dan dadanya.

Bawa Ke Dokter Hewan

Bila aktivitas mencabuti bulu tidak bisa dihentikan atau bulu sangat mudah rontok. Jalan satu-satunya adalah membawanya ke dokter hewan. Burung seperti ini kemungkinan memiliki masalah hormonal yang sebaiknya ditangani oleh tangan yang tepat. Jangan ditangani sendiri kalau memang tidak bisa, salah-salah malah berakibat fatal.

Itulah 5 tips mengatasi lovebird cabut bulu. Misalnya masih belum ngerti dan paham tentang cara diatas, silahkan tanyakan di fanspage satwapedia, jangan lupa di like juga. Sekian, semoga artikel mengenai cara mengatasi lovebird cabut bulu ini bermanfaat bagi semuanya.

Add Comment