4 Perbedaan Lovebird Pastel Kuning dan Lutino dari Fisik

Masih penasaran dengan perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino? Kali ini satwapedia akan membahas dan merinci perbedaan antara pastel kuning dan lutino secara lengkap. Pastel kuning atau yang sering dikenal dengan istilah paskun memang memiliki warna yang hampir sama dengan lutino, jadi bisa membuat orang awam maupun pemula kesulitan dalam membedakan mana yang paskun dan mana yang lutino.

Umumnya lovebird paskun ini masih lebih terjangkau dibandingkan dengan lutino. Orang awam mungkin sering menggunakan harga sebagai acuan perbedaan karena lutino lebih mahal dibandingkan dengan paskun. Sayangnya jika misalnya beli tapi hanya ada satu varian, kita bisa kesulitan untuk membedakan kedua lovebird ini.

Perbedaan Lovebird Pastel Kuning dan Lutino di Harga

Biasanya harga pastel kuning itu sekitar Rp 270.000 untuk anakan sekitar umur 4 bulan dan Rp 400.000 untuk paskun dewasa. Varian warna mungkin akan memberikan selisih harga tertentu. Biasanya selisih harganya berkisar Rp 50.000. Sedangkan untuk lutino biasanya dapat diperoleh di harga Rp 550.000 untuk anakan dan Rp 800.000 untuk lutino dewasa.

Perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino di sisi harga ini bisa menjadi gambaran kalau kita tertipu karena tidak mengetahui perbedaan kedua jenis lovebird ini. Kita bisa rugi 50% dari harga aslinya, jadi sebaiknya sebelum beli lovebird ini kita pelajari terlebih dahulu perbedaan fisiknya.

Perbedaan Fisik Lovebird Pastel Kuning dan Lutino

Jika kita mengamati kedua burung lovebird ini secara langsung, kita bisa merinci ada beberapa ciri-ciri khusus yang membedakan satu sama lain. Bagi pemula yang ingin belajar membedakannya usahakan mengamati langsung kedua burung ini secara bersama dengan didampingi oleh ahlinya.

gambar lovebird pastel kuning

gambar lovebird pastel kuning

gambar burung lovebird lutino

gambar burung lovebird lutino

Pemula bisa menebak-nebak dulu dengan mencari perbedaan lovebid pastel kuning dan lutino, baru kemudian ditanyakan kebenarannya kepada yang ahli. Sebagai panduan, berikut ini ciri-ciri khusus perbedaan paskun dan lutino:

Bagian Mata

Pastel kuning atau paskun biasanya memiliki mata hitam yang pekat. Lutino memiliki warna mata yang berbeda yaitu warna merah sehingga banyak yang menyebutnya dengan istilah lovebird lutino mata merah. Jika kamu ditawari  lutino maka kamu perlu memastikan bahwa warna matanya memang merah, bukan hitam.

Bagian Kaki

Kaki lutino mirip dengan kaki albino yang berwarna putih, sedangkan lovebird paskun memiliki warna kaki abu-abu atau kehitaman yang seperti jenis lovebird lainnya. Bagian kaki ini menjadi checklist penting perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino karena ini merupakan ciri khusus yang membedakan kedua burung ini.

Perbedaan Warna Tubuh

Perbedaan selanjutnya bisa diamati pada bagian warna tubuh kedua burung ini. Lovebird paskun biasanya memiliki warna cerah tapi ada semu hijaunya. Semburat warna hijau tersebut terletak pada dada dan sayapnya. Sedangkan untuk lutino, warna kuningnya sangat cerah dan tidak ada semburat warna hijaunya. Pada bagian leher, lutino memiliki warna merah cerah dan pekat sedangkan di paskun warna lehernya cenderung merah memudar / merah pastel.

Bagian Ekor

Ekor juga bisa digunakan sebagai acuan perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino. Pada paskun, pangkal ekornya berwarna keunguan sedangkan pakal ekor lutino berwarna merah. Silahkan cek warna bulu pangkal ekor kedua burung ini untuk memastikannya.

Tabel Perbedaan Lovebird Pastel Kuning dan Lutino

Untuk merekap perbedaan kedua jenis burung ini, kita sediakan tabel agar mempermudah teman-teman dalam mencari perbedaan ini ketika sudah sampai di pasar burung. Adapun tabelnya bisa dilihat dibawah ini:

PerbedaanLovebird Pastel KuningLovebird Lutino
Harga- Anakan : Rp 270.000
- Dewasa : Rp 400.000
- Anakan : Rp 550.000
- Dewasa : Rp 800.000
Bagian MataBerwarna hitamBerwarna merah
Bagian KakiBerwarna abu-abu / hitamBerwarna putih, mirip albino
Warna- Tubuh berwarna kuning, ada semburat warna hijau di sayap
- Leher berwarna merah memudar / merah pastel
- Bulu pangkal ekor berwarna keunguan
- Tubuh berwarna kuning cerah tanpa semburat
- Leher warna merah cerah dan pekat
- Bulu pangkal ekor berwarna merah

Itu tadi adalah beberapa perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino. Semoga bisa membantu teman-teman yang lagi bingung untuk membedakan kedua jenis burung lovebird ini. Semoga bermanfaat dan selalu jaga terus lovebird teman-teman, tak lupa juga untuk mengajak kalian agar bergabung di sosial media biar tambah teman, tambah pengalaman. Sekian dan terimakasih.

One Response

  1. kicau mancing November 11, 2017

Add Comment