4 Penyebab Lovebird Mengeram Sering Keluar Glodok

Pernah lihat perilaku lovebird mengeram sering keluar glodok? Perilaku seperti ini sebaiknya diperhatikan bagi peternak, terlebih bagi pemula. Indukan yang mengeram namun sering keluar glodok mungkin menunjukkan tanda-tanda dia tidak betah berada lama-lama di glodoknya yang tentu saja akan berpengaruh pada telurnya.

Glodok adalah kotak sarang yang dibuat manusia untuk membantu lovebird menempatkan dan mengerami telurnya. Burung lovebird yang sedang memiliki telur biasanya akan terus berada di glodok untuk mengerami telurnya. Meskipun kadang dia keluar sebentar untuk cari makanan atau mengepakkan sayapnya biar tidak pegel namun perilaku lovebird yang suka keluar dari glodok tersebut tidak bagus untuk telur-telurnya. Lalu kenapa sih kok lovebird malah keluar dari glodok?

lovebird mengeram sering keluar glodok

Penyebab Lovebird Mengeram Sering Keluar Glodok

Ada beberapa faktor kenapa sang lovebird malah keluar dari glodoknya meskipun dia punya kewajiban untuk mengerami telurnya. Dia bukannya lari dari tanggung jawabnya, namun adanya beberapa gangguan membuat dia tidak nyaman dan memilih untuk keluar dari glodok. Adapun penyebab lovebird mengeram sering keluar glodok adalah sebagai berikut:

Pemilik Sering Membuka Glodok

Mungkin ekspektasi pemilik terlalu tinggi terhadap lovebirdnya yang sedang bertelur. Perilaku membuka glodok ketika lovebird sedang mengerami telurnya bisa membuat lovebird stres dan keluar dari glodoknya. Please, bagi yang punya kebiasaan seperti ini, sebaiknya hilangkan mulai sekarang.

Lovebird mungkin akan mengganggap kebiasaan tersebut sebagai gangguan terhadap dirinya dan telur-telurnya. Berikan keleluasaan bagi lovebird untuk mengerami telurnya dengan menjaga rasa ingin tahu pemiliknya. Ingat bahwa lovebird yang stres dapat mengakibatkan telurnya gagal menetas karena sering keluar glodok.

Lingkungan Sekitar Terlalu Berisik

Ada kalanya lovebird mengeram sering keluar glodok karena dia tidak betah dengan kondisi luar glodok yang begitu berisik. Lovebird merasa tidak nyaman dengan suara-suara berisik sehingga dia memutuskan untuk keluar dari glodoknya.

Sebaiknya tempatkan lovebird yang sedang mengeram di tempat yang tidak banyak dilewati orang. Berilah ruangan yang nyaman dan lingkungan yang sepi sehingga lovebird fokus untuk mengerami telurnya. Misalnya saja letakkan di belakang rumah yang jarang dilewati orang dan beri tanda khusus untuk tidak membuat kegaduhan.

Gangguan dari Jantan OB

Kesalahan peternak pemula adalah tidak memisahkan betina dan jantan ketika sedang mengerami telurnya. Jantan yang sedang OB mungkin akan mengganggu betina yang berada di dalam glodok. Gangguan semacam itu akan membuatnya keluar dari glodok karena merasa tidak nyaman.

Cara mengatasi lovebird mengeram sering keluar glodok yang dikarenakan gangguan jantan yang OB adalah dengan memisahkan jantannya jauh dari betina. Ini adalah cara efektif disamping tidak memberikan makanan lovebird biar cepat birahi seperti kangkung.

Baca Juga: Cara Menurunkan Birahi Lovebird

Suhu Glodok Terlalu Panas

Suhu sangat mempengaruhi kenyamanan lovebird di dalam glodok. Suhu pada musim kemarau akan sangat panas dan membuat lovebird gerah untuk tetap berapa di dalam glodok. Itulah sebabnya beberapa kasus peternak yang gagal di Kota Tegal karena kondisi cuaca yang panas.

Untuk mengatasi lovebird mengeram sering keluar glodok karena suhu panas, bisa dengan menempatkan lovebird di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang lancar dan jika perlu ditempat yang memiliki angin yang sepoi-sepoi. Atau buat glodok dengan beberapa modifikasi agar udara bisa keluar masuk dengan mudah.

Itulah tadi 4 penyebab lovebird mengeram sering keluar glodok. Jika upaya dan usaha yang Anda lakukan belum maksimal, mungkin bisa ditanyakan di fanspage satwapedia.com. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca dan tentu saja sukses selalu buat ternakan lovebirdnya.

Add Comment