4 Jenis Kucing Siam (Siamese Cats) Beserta Ciri-Cirinya

Seperti halnya kucing persia ataupun anggora yang mendapatkan nama dari negara / kota asalnya, kucing siam atau siamese cat juga mendapatkan sebutan dari nama negara asalnya, yaitu Siam atau sekarang lebih dikenal dengan Thailand. Kucing ras ini memiliki sejarah panjang dan menarik untuk kita bahas karena penghobi siam tidak kalah jauh dari penghobi kucing persia dan anggora.

Menurut sejarah yang saya baca pada halaman petmd, kucing siam adalah kucing elegan yang memiliki tugas penting yaitu menjaga vas kerajaan saat itu. Para penduduk Thailand bahkan percaya bahwa ketika ada anggota keluarga kerajaan yang meninggal maka kucing ini akan menerima jiwa orang yang meninggal tersebut dan pada akhirnya kucing akan ditempatkan di kuil sebagai bentuk penghormatan dan akan diberikan kemewahan hingga sisa akhir hidupnya.

Mengenal Kucing Siam Dari Jenis Dan Cirinya

Kucing siam yang memiliki bentuk tubuh dan warna bulu yang memiliki nilai seni dan estetika sangat mudah mendapatkan populeritasnya. Perpaduan warna yang ideal dengan bentuk tubuh yang langsing dan tegar membuat para peternak ingin mengambil keuntungan dengan melakukan perkawinan silang hingga akhirnya muncul berbagai jenis varian jenis kucing. Beberapa jenis kucing yang menuruni sifat dan karakteristik kucing siamese adalah kucing himalaya, kucing burma, kucing bali, Ocicat hingga kucing jawa.

Bila Anda berkeinginan untuk menjadikan kucing ini sebagai kucing peliharaan dirumah, Anda perlu mengenali beberapa ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh kucing ini agar tidak merasa tertipu oleh penjual kucing yang tidak jujur. Bila dilihat dari ciri fisik secara umum, kucing ini memiliki telinga yang besar dan warna yang mencolok. Matanya berwarna biru yang menarik. Postur tubuhnya ramping, pendek dan memiliki bulu yang halus. Warna bulu biasanya krem, coklat, biru dan memiliki titik gelap pada bagian wajah, telingan kaki dan bagian ekor.

Kucing siam sebenarnya diklasifikasikan menjadi dua kelompok saja, yaitu traditional sieamese cat dan modern siamese cat. Traditional siamese cat di pecah lagi menjadi 3 jenis yaitu klasik, old-style  dan Applehead. Oleh karena itu maka saya meneyebutnya ada 4 jenis yang berbeda karena secara ciri-ciri dan tingkah laku keempat kucing ini cukup berbeda.

Jenis Kucing Siam / Siamese Cat

Applehead Siamese

kucing siam applehead

Kucing siam applehead

Kucing ini mendapatkan nama dari bentuk kepalanya yang menyerupai buah apel. Kucing siam Applehead memiliki tubuh yang besar dan gempal. Pada awalnya mereka terlihat kekuatan dari otot-otot dan tubuh besarnya, jenis itu adalah jenis yang asli diimport kare Thailand. Sayangnya saat ini banyak beredar kucing Applehead yang merupakan hasil kawin silang dengan shorthair sehingga kita akan menemui jenis yang lebih ramping namun tetap memiliki wajah bulat dan postur tubuhnya lebih pendek.

Old-Style Siamese

kucing siam old-style

Kucing siam old-style

Sebenarnya agak susah untuk membedakan kucing jenis Applehead dengan Old-style. Keduanya sangat mirip dan identik. Sama-sama kuat dan berpostur besar, namun Old-style lebih kecil dan ramping dibandingkan dengan applehead. Kucing ini juga memiliki wajah yang sedikit lebih memanjang dengan bentuk yang cenderung segitiga. Hidungnya besar dengan beberapa corak yang kurang begitu jelas pada bagian hidung. Selain hampir mirip dengan applehead, kucing old-style juga mirip dengan siam modern namun old-style lebih atletis jika di sandingkan dengan yang modern.

Classic Siamese

Classic Siamese

Classic Siamese

Kucing siam yang tidak berbentuk ekstrim dan normal seperti halnya kucing tradisional old-style. Kucing ini adalah kucing yang memiliki bentuk tubuh asli yang berasal dari Siam / Thailand. Bentuk tubuhnya atletis dengan tubuh dan ekor memanjang. Kepada dan telinganya besar bulat.

Modern Wedge Siamese

modern siamese

modern siamese

Dikenal dengan modern siam yang memiliki bentuk tubuh ekstrim, yaitu berbentuk tajam menyerupai segitiga runcing / wedge pada bagian kepala dan telinga. Kucing ini sering menjadi kucing show karena bentuk tubuhnya yang unik, memanjang pada tubuh namun ramping. Kecenderungan kepala kecil dan telinga yang lebih besar mengakibatkan beberapa kasus cacat lahir terlihat, dengan anak kucing bahkan yang lahir dengan mata di sisi kepala mereka. Ada juga kasus kerusakan organ termasuk kardiomiopati dan gagal ginjal, memperpendek kehidupan banyak contoh dari jenis kucing.

Itu dia 4 jenis kucing siam yang bisa kamu pilih dan pelihara sebagai kucing peliharaan di rumah. Pastikan untuk selalu memperhatikan makanan, kesehatan dan perawatan terbaik untuk kucing yang kamu pelihara. Semoga dengan kita peduli dengan kucing maka pertumbuhan kucing siam akan menjadi lebih baik dan bersaing dengan kucing persia dan kucing anggora di Indonesia.

Add Comment