17 Jenis Kura Kura Darat yang Berbeda Dari Penyu

Kura kura darat atau dalam bahasa inggris disebut tortoise merupakan hewan reptil yang banyak dipelihara oleh pecinta reptil. Reptil ini termasuk dalam Ordo Testudinata(Testudines) dan family Testudinidae sehingga memiliki nama ilmiah Testudinidae. Kura kura bisa digolongkan ke dalam kategori hewan berkaki empat yang pada setiap kakinya memiliki sisik.

Banyak dari kita masih bingung dengan sebutan kura kura darat dan penyu. Banyak yang masih menyebut kura-kura darat dengan nama penyu, begitu juga sebaliknya. Penyu atau turtle sebenarnya masih dalam ordo yang sama(Tesdudinata) dengan kura-kura darat, namun memiliki klasifikasi family yang berbeda. Perbedaan paling mencolok yaitu kura kura darat (tortoise) hidup didarat, sedangkan penyu (turtle) menghabiskan waktunya di air.

Perbedaan Kura Kura Darat dan Penyu

Tubuh kura-kura dan penyu sama-sama dilindungi oleh cangkang. Cangkang tersebut memiliki dua bagian penting yang disebut dengan karapas dan plastron. Karapas adalah cangkang bagian atas sedangkan bagian bawah disebut plastron. Karapas dan plastron tersebut terpasang dengan sangat rapat sehingga cangkang tidak akan terlepas meskipun kita tarik-tarik.

Cangkang tersebut membantu mereka untuk berlindung dari predator. Ketika kura kura dan penyu merasakan ada hal yang berbahaya, maka mereka akan bersembunyi dalam cangkangnya. Cangkang yang begitu keras akan menjadi tempat perlindungan paling aman bagi kura kura darat dan penyu. Ada beberapa perbedaan cangkang antara kura-kura darat dan penyu. Untuk lebih lengkapnya silahkan periksa tabel perbedaan berikut ini.

PerbedaanKura Kura Darat (Tortoise)Penyu (Turtle)
HabitatSebagian besar ditemukan di Asia dan Afrika, namun beberapa spesies juga ada di Amerika.Afrika dan Amerika
Bentuk cangkangnyaSebagian besar cangkangnya berbentuk kubah besar (dengan benjolan di bagian atas pada beberapa spesies).Sebagian besar cangkangnya datar dan ramping.
Berat cangkangnyaLebih beratUmumnya lebih ringan
KakiKaki pendek dan kokoh dengan kaki bengkok.Kaki berselaput dengan cakar panjang.
MakananSebagian besar adalah herbivora, namun beberapa spesies lebih menyukai makanan hidup.Mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan daging, karena itu mereka adalah omnivora.
KelahiranKura-kura berpindah dari sarang mereka ke liang induk segera setelah lahir.Penyu tinggal di sarang mereka sendiri selama 90-120 hari.
Umur80-150 tahun. Kura-kura hidup terpanjang adalah 326 tahun.20-40 tahun, penyu tertua adalah 86 tahun.
KingdomAnimaliaAnimalia
DivisiChordataChordata
ClassReptiliaReptilia
OrdoTestudines (a.k.a., Chelonii)Testudines (a.k.a., Chelonii)
FamilyTestudinidaeBanyak keluarga, termasuk Carettochelyidae (penyu berhidung babi), Dermatemididae (kura-kura sungai Amerika Tengah), Emydidae (kura-kura air / air), dll.

Ciri Ciri Kura Kura Darat

Dari tabel perbedaan antara kura-kura dan penyu diatas dapat diambil kesimpulan bahwa ciri-ciri kura kura darat adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kaki pendek dan kokoh, dengan kakinya yang bengkok
  • Memiliki cangkang yang besar dengan permukaan karapas yang benjol/ tidak rata, mirip seperti dome.
  • Termasuk hewan herbivora, meskipun ada yang termasuk omnivora.
  • Tubuhnya besar

Memelihara kura kura darat relatif lebih mudah dibandingkan dengan penyu. Umur kura kura yang mampu bertahan hidup hingga 80-150 tahun juga menjadi nilai lebih dibandingkan penyu yang biasanya hanya mampu bertahan hidup antara 20 hingga 40 tahun. Makanan kura kura darat juga mudah untuk didapatkan karena dia termasuk hewan herbivora yang suka makan sayuran dan tumbuh-tumbuhan.

Jenis Kura Kura Darat

Ada setidaknya 17 jenis kura kura darat yang tersebar di berbagai negara dan benua. Kura kura tersebut memiliki ciri-ciri masing yang menbedakan satu sama lain. Ada yang keberadaannya masih banyak dan ada juga yang populasinya sudah sedikit sehingga tidak boleh untuk dijadikan hewan peliharaan. Adapun jenis kura kura darat antara lain:

African Spurred Tortoise

Ini adalah kura kura yang terbesar dari kontingen Afrika. Kalau dibandingkan dengan kura-kura lain di dunia maka African Spurred Tortoise ini masuk dalam nomor 3 terbesar di dunia. Memiliki cangkang berbentuk oval yang lebar membuat dia nyaman untuk tinggal di area padang pasir dan berkamuflase dengan baik dengan pasir karena memiliki warna yang hampir sama.

gambar kura kura darat African Spurred Tortoise

 

Kura kura ini adalah hewan herbivora murni karena benar-benar tidak menyukai daging. Makanannya biasanya berupa tumbuh-tumbuhan, sayuran dan rumput. Habitat African spurred tortoise ini berada di sepanjang perbatasan selatan Sahara, dari Senegal dan Mauritania, timur melalui Mali, Chad, Sudan dan Ethiopia sampai ke Eritrea.

Aldabra Tortoise

Aldabra adalah kura kura darat yang berasal dari pulau Aldabra Atoll, di kepulauan Seychelles, sebelah utara Madagaskar. Mereka sangat menyukai lingkungan yang berupa kawasan gundukan pasir dan rawa mangrove sebagai tempat tinggal mereka.

gambar kura kura aldabra

 

Ciri-ciri khas kura-kura aldabra adalah bentuk karapasnya yang bulat dan berwarna gelap dengan pola gundukan/benjolan yang menakjubkan. Hewan yang memiliki nama ilmiah Aldabrachelys gigantea ini termasuk salah satu kura-kura terbesar di dunia karena memiliki bobot rata-rata 550-800 pound.

Leopard Tortoise

Termasuk dalam nomor 4 kura-kura terbesar di dunia, membuat kura-kura leopard menjadi raja di Afrika bagian timur dan selatan. Dinamai kura-kura leopard karena memiliki warna kuning dengan bintik-bintik warna coklat yang mirip dengan macan tutul. Meskipun disebut leopard, namun dia tidak makan daging karena termasuk hewan herbivora.

gambar kura kura leopard

 

Kura-kura jantan dan betina dapat dibedakan secara fisik melalui ekornya. Ekor pejantan lebih panjang dibandingkan dengan ekor betina. Untuk persebarannya sendiri banyak ditemukan di wilayah Tanzania, Uganda, Zambia, Kenya, Malawi, Mozambik, Somalia, Afrika Selatan, Kongo, Burundi, Ethiopia dan Zimbabwe.

Red-Footed Tortoise

Secara nama, kura-kura ini bisa ditebak ciri-ciri khususnya, yaitu memiliki kaki berwarna merah. Kura-kura ini memiliki kedekatan dengan kura kura kuning (Yellow-footed tortoise). Bentuk karapasnya menyerupai bentuk roti dengan pola yang menarik. Sebagian besar badannya berwarna gelap dengan sisik yang berwarna cerah. Pada bagian kakinya memiliki sisik dominan berwarna merah dan kuning.

gambar kura kura kaki merah

 

Kura-kura red-footed ini termasuk kura kura darat yang lazim dijadikan hewan peliharaan. Ukurannya yang kecil (hanya sekitar 40 cm) membuatnya menjadi kura-kura yang mudah untuk dirawat dan dipelihara. Hewan ini termasuk omnivora, dia sangat menyukari tanaman, bunga, buah dan dedaunan. Dia juga makan rumput jamur dan hewan invertebrata. Dia juga sukai makan bangkai dan serangga, serta bisa juga diberikan makanan berupa cacing dan siput.

Kura-kura Sulcata

Satwapedia pada beberapa waktu lalu pernah membahas mengenai panduan memelihara kura kura sulcata. Nama sulcata sendiri mengacu pada penampilan fisik kulit terluarnya. Salcuta berarti alur yang mengacu pada alur dalam pada kulit luar kurkumin. Kura-kura ini juga termasuk terbesar, namun masih lebih kecil jika dibandingkan dengan kura-kura aldabra dan galapagos.

gambar kura kura sulcata

Kura-kura sulcata memiliki habitat asli di Gurun Sahara dan wilayah Sahel, seperti Mali, Senegal, Sudan, Mauritania dan Nigeria. Dalam cuaca yang begitu panas di wilayah tersebut, kura-kura sulcata akan menggali tanah untuk mendapatkan tingkat kelembaban yang lebih tinggi karena suhu diatas bisa mencapai 45 derajat Celcius. Untuk makanannya sendiri sudah dijelaskan pada pembahasan mengenai makanan kura-kura sulcata.

Russian Tortoise

Tergolong sebagai kura-kura darat yang banyak ditemukan diberbagai lokasi. Oleh karena itu kura-kura ini memiliki banyak nama seperti Steppe tortoise, Afghanistan tortoise dan Russian box turtle. Meskipun banyak ditemukan diberbagai tempat yang berbeda. Asal mereka adalah di wilayah Uzbekistan.

gambar kura kura rusia

Hewan reptil ini sangat menyukai habitat yang kering dan terbuka, sehingga banyak ditemukan di pasir dan gurun pasir. Hewan ini termasuk vegetarian karena mereka kebanyakan hanya makan tumbuhan dan sayuran saja.

Hermann Tortoise

Kura kura darat ini termasuk yang paling banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Terbilang sebagai reptil yang populer dikalangan pecinta kura-kura karena sangat mempesona dan mudah bergaul dengan manusia. Mereka juga mudah dikenali sehingga pemilik tidak perlu melakukan pendekatan terlalu lama untuk mengetahui apa kesukaan dan yang dibenci hewan ini.

kura kura hermann

Mampu hidup hingga 75 tahun, kura-kura hermann berada di bawah spesies Testudo. Mereka memiliki tida subspesies yaitu Western Hermann’s tortoise, Eastern Hermann’s tortoise and Dalmatian tortoise. Perbedaan ketiga subspesies itu bisa dikenali pada bagian cangkangnya.

Pancake Tortoise

Memiliki nama asli Malacochersus tornieri, kura kura darat ini memiliki keindahan bentuk cangkang karena sangat berbeda dengan jenis kura-kura yang lain. Cangkangnya flaksibel dan memiliki corak khas yang sangat indah. Kura-kura ini adalah kura-kura kecil yang terlihat lebih datar dibandingkan kura-kura lainnya.

gambar kura kura pancake

Memiliki karapas berwarna coklat dengan pola gairs gelap membuat pancake tortoise mampu berkamuflase dengan baik di habitat mereka yang kering. Plastron kura-kura ini berwarna kucing pucat dengan sinar kuning muda dan sulaman berwarna coklat tua. Tampilan unik kura-kura ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga menjadi komoditi incaran baik di kebun binatang maupun sebagai hewan peliharaan.

Radiated Tortoise

Secara umum ini adalah kura-kura terindah dengan tampilan sebagai kura-kura yang lengkap. Termasuk hewan reptil yang relatif besar dengan warna cangkang yang menarik. Warna cangkangnya di dominasi dengan warna hitam dengan corak warna kuning keemasan seperti pola lampu berpijar/mungkin seperti bentuk radiasi sehingga namanya radiated tortoise.

gambar kura kura radiated

Selain itu kaki dan kepala mereka juga berwarna kuning keemasan sehingga terlihat seperti hewan yang sangat mewah. Hewan ini sangat populer di mata para pecinta reptil dan banyak dari mereka dijadikan hewan peliharaan.

Yellow Foot Tortoise

Merupakan spesies kura-kura yang memiliki kaitan erat dengan Red-Footed tortoise. Hal ini karena selain termasuk kura-kura terbesar, yellow foot juga secara alami dapat ditemukan di Amazon Basin di Amerika Selatan.

gambar kura kura kaki kuning

Secara fisik reptil ini memiliki panjang hingga 40 cm, dengan karapas berwarna kuning hingga coklat tua. Ciri khas dari kura-kura darat ini terletak pada kakinya yang memiliki warna corak kuning yang sangat menonjol sehingga orang menyebutnya dengan kura-kura kaki kuning.

Desert Tortoise

Kura-kura desert atau kura-kura gurun merupakan reptil yang memiliki tubuh yang kuat yang dilengkapi dengan cakar yang panjang dan tajam. Cakar tersebut dilindungi oleh bagian kaki depan yang memiliki lapisan pelindung sisik yang membuatnya mampu menggali tanah gurun yang begitu keras. Hewan ini menghabiskan banyak waktu untuk menggali tanah di gurun pasir untuk hidup.

gambar kura kura dessert

Secara tampilan fisik, kura-kura darat ini mudah dikenali. Dia memiliki cangkang dengan rona coklat muda, dimana ketika tumbuh dewasa warna cangkang tadi akan menjadi coklat tua atau bahkan abu-abu. Warna dibawah cangkang biasanya juga berbeda dengan cangkang bagian atas.

Elongated Tortoise

Disebut sebagai elongated tortoise karena memiliki panjang yang hampir 12 inci. Kondisi ini terjadi karena bentuk karapas yang sempit sehingga dia disebut sebagai kura-kura memanjang. Karapasnya unik berwarna karamel atau coklat kekuningan hingga coklat tua.

gambar kura kura elongated

Hewan ini memiliki hewan tropis yang menyukai habitat yang padat. Banyak ditemui di Asia Tenggara dan Selatan. Kura kura darat ini termasuk hewan omnivora karena suka makan berbagai jenis makanan baik sayuran, dedaunan,  serangga dan buah-buahan.

Hingeback Tortoise

Ada tiga subspesies kura-kura hingeback, antara lain : Bell’s hingback tortoise, Home’s hingback tortoise, Schweigger’s hingeback tortoise. Ketiga subspesies tersebut merupakan kura kura darat yang berasal dari Afrika, mulai dari barat gurun Sahara hingga selatan Afrika.

gambar kura kura hingeback

Marginated Tortoise

Merupakan kura-kura terbesar dari semua kura-kura yang berasal dari Eropa. Panjangnya bisa mencapai 14 inci dengan berat hingga 11 kilogram. keunikan cangkangnya terletak pada bagian tengah tubuh yang berbentuk persegi panjang yang sangat tebal. Ciri khas lainnya adalah cangkangnya tidak terbelah oleh ekor dibagian belakang, sehingga sangat mudah dikenali.

gambar kura kura marginated

Termasuk sebagai hewan reptil yang tergolang sebagai hewan herbivora membuat hewan ini memiliki banyak peminat. Dia senang berjemur dibawah terik matahari dan akan aktif di siang hari hingga sore. Dia termasuk hewan yang jarang bersembunyi di siang hari.

Greek Tortoise

Kura-kura Yunani memiliki namanya dari bentuk pola cangkangnya yang menyerupai mozaik Yunani Kuno dengan perpaduan berbagai titik dan garis yang berwarna. Jenis kura-kura ini termasuk yang bisa sangat bervariasi warnanya, mulai dari hitam, kuning tua, coklat, dan emas.

Secara fisik kura-kura Yunani memiliki karapas berbentuk kubah dengan kepala datar, mata besar, dan sisik-sisik besar pada bagian kaki. Hewan reptil ini tergolong sebagai herbivora karena makan sayuran dan buah-buahan.

Gopher Tortoise

Kura-kura gopher adalah hewan reptil yang relatif besar. Dia memiliki kaki yang sangat kuat untuk melindungi diri dan menggali tanah. Meskipun kakinya pendek, namun cakarnya yang berbentuk datar dan lebar tersebut akan membantunya dalam menggali tanah.

gambar kura kura gopher

Kura-kura gopher memiliki masa hidup antara 40 hingga 60 tahun, bahkan yang ada di penangkaran dapat bertahan hidup hingga 100 tahun karena perlindungan dari predator dan perawatan kesehatan yang memadai.

Galapagos Tortoise

Kura-kura galapagos adalah kura-kura terbesar di dunia dan termasuk sebagai reptil terberat nomor 14. Kura-kura datar terbesar di dunia ini ditemukan pertama kali pada tahun 1535 di Kepulauan Galapagos. Galapagos sendiri bersal dari kata Galapago(dalam bahasa spanyol) yang berarti pelana. Penggunaan nama ini mengacu pada bentuk cangkang yang mirip pelana.

gambar kura kura galapagos

Hewan vertebrata yang tergolong herbivora ini mampu tumbuh lebih dari 6 kaki dengan berat sekitar 500 kilogram. Sedangkan masa hidupnya bisa lebih dari 100 tahun, galapagos tertua bisa mencapai 152 tahun. Hewan ini sangat langka dan dilindungi karena habitatnya mulai langka dan Pulau Galapagos yang rentan kehilangan ikon-nya.


Bagaimana ? keren-keren kan kura-kuranya. Owh iya, mengingatkan bagi yang belum bergabung dengan fanspage satwapedia, bisa segera bergabung untuk dapat update terbaru di media sosial kamu. Semoga kedepannya akan terbit artikel berkualitas selanjutnya seperti pembahasan mengenai kura kura darat ini.

Add Comment