10 Jenis Koi Terbaik Untuk Dipelihara Di Kolam

Koi merupakan jenis ikan hias air tawar yang banyak di gemari oleh pecinta ikan. Untuk mengetahui jenis koi terbaik, kita perlu mengenal masing-masing ikan koi dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini karena keanekaragaman ikan ini kadang membuat bingung para pecinta ikan, terutama untuk pemula yang baru saja memutuskan untuk memelihara koi di kolamnya. Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, koi merupakan simbol persahabatan dan simbol cinta. Hal ini karena kata koi tersebut homofon dengan kata lain yang menjadi simbol cinta. Ikan yang berasal dari negeri Sakura / Jepang ini juga dipercayai memberi keuntungan bagi pemiliknya. Sehingga banyak para pemilik yang mempersiapkan kolam terbaik untuk ditempati ikan ini.

Mengetahui Jenis Koi Terbaik Untuk Dipelihara

Koi termasuk dalam jenis ikan Karper Cyprinuscarpio. Ikan ini merupakan hewan peliharaan yang sangat lucu dan indah untuk dipandang. Corak warna dan motif yang dimiliki koi hamper sama dengan ikan mas, namun lebih mencolok dan beranekaragam. Tak heran jika ikan koi juga dibedakan berdasarkan pola, bentuk tubuh dan corak warna yang dimilikinya. Berikut ini beberapa jenis ikan koi unggulan :

Kohaku

jenis koi kohaku

Jenis koi kohaku

Kohaku adalah jenis koi yang tertua jika dibandingkan dengan koi lainnya. Kohaku biasanya mempunyai warna dasar putih dengan corak warna merah diatasnya. Sebagian besar kohaku memiliki pola dasar warna putih dengan corak warna merah yang memiliki kualitas terbaik. Ada beberapa jenis yang termasuk dalam spesies kohaku, antara lain : Tancho Kohaku, Maruten Kohaku dan Gin RIn Kohaku.

Taisho Sanke

Koi Taisho Sanke

Koi Taisho Sanke

Sama-sama memiliki warna dasar putih solid Taisho Sanke terlihat hamper mirip dengan kohaku. Perbedaannya jenis koi sanke terletak pada pola warna merah yang dikombinasi dengan warna hitam. Taisho Sanke lebih sering disebut dengan sanke agar para pecinta ikan mudah mengucapkannya.

Showa Sanshoku

Showa Sanshoku

Showa Sanshoku

Showa Sanshoku atau yang ebih akrab dipanggil showa sebenarnya agak mirip dengan sanke. Perbedaan utama antara kedua jenis koi ini terdapat pada pola hitam yang ada pada ikan ini. Pola hitam pada showa menyebar di seluruh tubuh sedangkan sanke hanya pada bagian atas saja. Pola hitam pada showa juga terdapat pada bagian kepalanya, sedangkan tidak untuk sanke.

Asagi

Jenis ikan koi Asagi

Jenis ikan koi Asagi

Asagi adalah jenis ikan koi asli jepang yang memiliki pola biru pada bagian belakang tubuh dan kombinasi merah-oranye pada bagian perut dan sirip. Jenis koi terbaik pada spesies asagi adalah koi yang memiliki pola merah diatas garis lateral, pola merah tersebut tidak memanjang.

Shusui

shusui

Shusui

Shusui adalah keturunan dari spesies Asagi yang tentu saja bisa dibedakan dari sedikit perbedaan yang ada. Perbedaan tersebut ada pada warna sisik dorsal yang membedakan warna jaring biru pada koi Asagi. Sebagai ikan keturunan maka Anda perlu mencermatinya agar tidak salah dengan koi jenis Asagi.

Tancho

Tancho

Tancho

Tancho adalah jenis ikan koi yang tergolong dalam spesies kohaku. Ikan ini sangat popular pada kelompok spesies tersebut. Ada banyak cerita legenda yang membuat koi tancho begitu di hormati oleh masyarakat Jepang.Ciri-ciri koi tancho bisa Anda temui pada bagian kepalanya, yaitu ada titik merah / mirip gambar bendera Jepang yang tidak ditemui pada jenis koi lainnya.

Shiro Utsuri

Shiro Utsuri

Shiro Utsuri

Ikan Shiro utsuri memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan keenam ikan diatas. Koi ini mempunyai warna dasar hitam dengan corak warna putih. Jenis koi terbaik pada spesies shiro utsuri memiliki ciri khas perpaduan warna hitam dan putih di bagian kepala.

Ki Utsuri

Ki Utsuri

Ki Utsuri

Ki utsuri adalah jenis koi termahal karena jumlahnya yang sedikit. Ikan ini tergolong spesies langka yang sulit untuk ditemui. Tubuhnya memiliki warna dasar hitam dan ditambah dengan corak warna kuning. Berhubung harganya yang cukup mahal, Anda harus berhati-hati ketika ingin membeli koi ini, jangan sampai salah dengan jenis utsuri lain.

Matsuba

Matsuba

Matsuba

Matsuba adalah ikan koi yang memiliki bermacam-macam warna dasar ditubuhnya. Ikan ini disebut ikan koi yang beragam, mulai dari gin matsuba yang berwarna putih, ki matsuba yang berwarna kuning dan aka matsuba yang berwarna dasar merah. Secara umum matsuba berwarna logam dan dilengkapi dengan pola jaring hitam.

Kumonryu

Kumonryu

Kumonryu

Jika ingin memiliki koi yang bisa bergonta-ganti warna maka pilihan Anda akan jatuh pada kumonryu. Jenis koi ini benar-benar membuat Anda tidak bosan dengan penampilan koi yang itu-itu saja. Kemampuan mengubah pola warna dari putih ke hitam atau kombinasi keduanya menjadi daya tarik tersendiri.

Sampai disini dulu sharing kita kali ini, semoga anda sudah bisa membedakan antaa koi satu dengan koi lainnya. Jangan sampai salah lagi dalam memilih jenis koi yang ingin Anda pelihara. Saya juga telah membuat artikel bagaimana merawat ikan koi untuk pemula, mungkin Anda tertarik untuk mempelajarinya.

One Response

  1. Rusdi October 11, 2017

Add Comment