10 Binatang Buas Afrika Paling Menakutkan

Afrika merupakan gudangnya berbagai jenis binatang, bahkan yang tergolong dalam kategori binatang buas Afrika. Beberapa acara televisi yang bertemakan kehidupan satwa sering sekali mengambil Afrika sebagai latar belakang acara-acara tersebut. Afrika memiliki beberapa gurun, hutan, taman nasional dan tempat-tempat yang menjadi habitat asli di benua tersebut. Bahkan ada beberapa jenis hewan yang merupakan endemik benua tersebut dan tidak tersedia di negara lain. Saat ini konservasi disana juga semakin baik, banyak penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan yang fokus pada kehidupan dunia satwa.

Keanekaragaman satwa di Afrika ibarat oase di gurung yang panas dan kering. Binatang-binatang tersebut membuat benua tersebut memiliki nilai tambah. Saya sendiri mengagumi warna burung lovebird yang kebanyakan berasal dari Afrika. Bagi Anda yang belum tahu mengenai burung lovebird,  silahkan pelajari lebih lengkap pesona burung loverbird yang sangat mempesona.

10 Jenis Binatang Buas Afrika Yang Berbahaya

gambar binatang buas afrika

Gambar binatang buas afrika

Berbicara mengenai binatang, Afrika memiliki beberapa jenis binatang buas yang sangat berbahaya dan menakutkan. Mereka sebenarnya bukan predator manusia, namun jika mereka terancam maka mereka akan melakukan apapun sebagai bentuk perlindungan diri. Bahaya akan datang karena kekuatan mereka kadang lebih kuat dibandingkan segerombolan manusia. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini daftar 10 binatang buas Afrika yang cukup berbahaya :

Kuda Nil

Kuda nil

Kuda nil

Kuda nil sebenarnya bukan hewan yang aktif menyerang manusia, namun mereka akan sangat berbahaya ketika mereka terasa terancam, terlebih kuda nil betina yang akan begitu marah ketika melihat ada yang mendekati bayi kuda nil. Ada sekitar 2.900 orang Afrika meninggal setiap tahunnya karena serangan kuda nil. Meskipun kuda nil tampak seperti binatang biasa saja, namun kuda nil memiliki gigi taring yang bisa mencapai 20 inchi ditambah dengan kekuatan gigi rahang yang begitu kuat dan sangat ampuh untuk merobek kulit mangsanya.

Buaya

Buaya Afrika

Buaya Afrika

Buaya merupakan binatang buas Afrika yang memiliki gigitan paling mematikan. Gigitan buaya ini bahkan dianggap sebagai gigitan paling kuat dari hewan apapun. Tercatat ada setidaknya 3.000 angka kematian melayang setiap tahunnya karena serangan buaya Afrika. Beberapa kasus tersebut terjadi di wilayah Afrika, terutama di Gurun Sahara dan sekitaran Sungai Nil.

Gajah

gajah afrika

Gajah Afrika

Gajah Afrika saat ini menjadi sangat aktif menyerang manusia karena ulah perburuan yang dilakukan manusia juga. Saat gajah-gajah tersebut terancam maka mereka akan sangat aktif dan tak segan menghilangkan nyawa seseorang sebagai salah satu bentuk perlindungan diri. Ahli zoology mencatat bahwa gajah Afrika membunuh sekitat 500 orang tiap tahun dengan cara menginjak-injaknya.

Kerbau Afrika

Kerbau Afrika

Kerbau Afrika

Kerbau Afrika termasuk dalam 5 besar binatang buas Afrika yang menyebabkan kematian sekitar 200 orang setiap tahunnya. Hewan ini sering disebut dengan istilah ‘The Black Death’ atau ‘Widowmaker’ karena tingkah lakunya yang sangat mengerikan. Kebanyakan mangsanya meninggal karena serangan tanduknya yang begitu tajam dan kuat.

Mamba Hitam

mamba hitam

Mamba Hitam

Mamba Hitam / Black Mamba merupakan reptil berbahaya yang berasal dari Afrika. Ular ini memiliki kecepatan yang luar biasa dan tentu saja gigitan yang mematikan. Para ilmuan menyatakan bahwa ada sekitar 2,5 juta melayang tiap tahunnya karena serangan ular berbisa ini. Meskipun saat ini sudah ada antivenom dari gigitan binatang buas Afrika ini, namun ketersediaanya sangat sulit untuk didapatkan di Afrika karena harganya yang mahal.

Singa

singa Afrika

Singa Afrika

Singa sudah dikenal sejak lama sebagai binatang buas Afrika yang melegenda. Mereka adalah raja rimba yang menempati beberapa hutan dan taman nasional di Afrika. Para penjaga Taman Nasional Kruger mengatakan bahwa singa-singa tersebut telah membunuh setidaknya 10 orang setiap tahunnya.

Hiu Putih Besar

Hiu Besar Putih

Hiu Besar Putih

Predator lain dari pantai adalah ancaman serius dari hiu putih besar. Hewan buas dari Afrika ini memiliki kekuatan pada gigitan taringnya yang tajam dan kekuatan rahang yang bisa merobek kulit mangsanya. Di Afrika tercatat ada enam insiden per tahun yang melibatkan hiu putih besar. Mereka sebenarnya tidak memangsa manusia, tetapi dia penasaran dengan semua benda yang terapung di air sehingga hiu tersebut mengigitnya. Sayangnya meskipun manusia yang digigit akan dilepaskannya namun gigitan tersebut meninggalkan cedera yang cukup serius.

Badak

badak, binatang buas Afrika

badak Afrika

Badak saat ini menjadi hewan yang cukup agresif mengingat itulah cara mereka bertahan agar tidak terjadi kepunahan. Siapa yang menyangka bahwa saat ini badak termasuk hewan buas Afrika yang cukup berbahaya untuk didekati, apalagi ketika mereka merasa terancam. Kekuatan utama dari badak terletak pada tanduknya yang kuat. Dengan dorongan yang kuat dari badannya, maka tandukan tersebut sangat mengerikan.

Nyamuk

Nyamuk Anopheles

Nyamuk Anopheles

Hewan ini kecil namun sangat mematikan, dia adalah penyebar penyakit malaria. Dia adalah nyamuk Anopheles betina yang begitu aktif ketika senja dan fajar datang. Nyamuk merupakan penyebab tertinggi angka kematian manusia yang diakibatkan oleh binatang.

Puff Adder

Puff Adder

Puff Adder

Hewan ini adalah reptil yang memiliki racun terkuat dan memiliki kemampuan penyamaran yang paling sempurna. Banyak kasus kematian terjadi karena orang tidak sengaja menginjak ular ini, sehingga ular menyerang balik dan menyebarkan racunnya melalui gigitan tersebut.

Demikian 10 macam binatang buas Afrika yang begitu merngerikan ketika mereka menyerang manusia. Sebaiknya kita tidak membuat mereka marah atau lebih baik menjauhi mereka apabila kita menyadari tidak memiliki kemampuan untuk membela diri dengan benar. Saya juga menyarankan Anda untuk membaca mengenai 15 jenis hewan buas paling berbahaya di Dunia. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel-artikel mendatang,  kami juga mengundang Anda untuk join dengan fanspage kami yang membahas mengenai dunia satwa dan hewan peliharaan.

Add Comment